Budaya Tatto
Motif bunga terong, motif tato para panglima Dayak.
Kayau
Kata Kayau bermakna sebagai kegiatan perburuan kepala tokoh-tokoh masyarakat yang menjadi musuh, dimana kepala hasil buruan tersebut akan digunakan dalam ritual Notokng ( Istilah Dayak Kendayan ). Jadi pada dasarnya yang dimaksud dengan Kayau bukanlah perang antar suku seperti perang dalam kerusuhan-kerusuhan yang pernah terjadi di Kalimantan beberapa waktu yang lalu, yang korbannya tidak pandang bulu apakah seorang biasa atau seorang yang berpengaruh pada kelompok musuh. Kayau tidak sembarangan di lakukan, demikian juga tokoh-tokoh musuh yang di incar, semua dipertimbangkan dengan penuh seksama. Sementara itu, jumlah pasukan Kayau yang akan bertugas di medan minimal tujuh orang. Dimasa silam Kayau umumnya dilakukan terhadap tokoh-tokoh musuh yang memang kebanyakan berbeda sub etnis Dayak-nya. Peristiwa Kayau yang terekam sejarah dan cukup terkenal adalah peristiwa Kayau Kepala Raja Patih Gumantar dari kerajaan Mempawah (Kerajaan Dayak Kendayan ) Kalimantan Barat oleh pasukan Kayau Dayak Biaju / Ngaju Kalimantan tengah, meskipun cerita yang beredar di kalangan masyarakat Dayak Kendayan dimasa kini menyebutkan bahwa nama Biaju ini sering di katakan sebagai Dayak Bidayuh sungkung, dan hal ini diperparah oleh para penulis buku-buku tentang sejarah Kalimantan Barat yang menerima begitu saja cerita dalam Masyarakat tanpa ditelaah lebih lanjut dan bahkan beberapa penulis dengan gampangnya menyebutkan bahwa Dayak Biaju ini punya pulau tersendiri di luar Borneo hanya karena mendengar cerita rakyat yang mengatakan bahwa mereka datang memakai Ajong / Kapal, padahal sebenarnya satu pulau dengan Dayak Kendayan hanya saja untuk sampai ke daerah asalnya memang melalui sungai dan laut. Hal ini terjadi ditengarai oleh awalan kata Biaju dan Bidayuh yang sama-sama diawali oleh kata “Bi” dan kedua-duanya mempunyai bunyi kata yang hampir mirip (BI-AJU dan BI-dAYUh), padahal yang namanya cerita lisan pasti cukup beresiko mengalami perubahan. Namun yang sangat pasti dan jelas kata Biaju secara tegas di sebutkan dalam cerita tersebut.[9][10]Senjata Sukubangsa Dayak
- Sipet / Sumpitan. Merupakan senjata utama suku dayak. Bentuknya bulat dan berdiameter 2-3 cm, panjang 1,5 – 2,5 meter, ditengah-tengahnya berlubang dengan diameter lubang ¼ – ¾ cm yang digunakan untuk memasukan anak sumpitan (Damek). Ujung atas ada tombak yang terbuat dari batu gunung yang diikat dengan rotan dan telah di anyam. Anak sumpit disebut damek, dan telep adalah tempat anak sumpitan.
- Lonjo / Tombak. Dibuat dari besi dan dipasang atau diikat dengan anyaman rotan dan bertangkai dari bambu atau kayu keras.
- Telawang / Perisai. Terbuat dari kayu ringan, tetapi liat. Ukuran panjang 1 – 2 meter dengan lebar 30 – 50 cm. Sebelah luar diberi ukiran atau lukisan dan mempunyai makna tertentu. Disebelah dalam dijumpai tempat pegangan.
- Mandau. Merupakan senjata utama dan merupakan senjata turun temurun yang dianggap keramat. Bentuknya panjang dan selalu ada tanda ukiran baik dalam bentuk tatahan maupun hanya ukiran biasa. Mandau dibuat dari batu gunung, ditatah, diukir dengan emas/perak/tembaga dan dihiasi dengan bulu burung atau rambut manusia. Mandau mempunyai nama asli yang disebut “Mandau Ambang Birang Bitang Pono Ajun Kajau”, merupakan barang yang mempunyai nilai religius, karena dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Batu-batuan yang sering dipakai sebagai bahan dasar pembuatan Mandau dimasa yang telah lalu yaitu: Batu Sanaman Mantikei, Batu Mujat atau batu Tengger, Batu Montalat.
- Dohong. Senjata ini semacam keris tetapi lebih besar dan tajam sebelah menyebelah. Hulunya terbuat dari tanduk dan sarungnya dari kayu. Senjata ini hanya boleh dipakai oleh kepala-kepala suku, Demang, Basir.
Totok Bakakak (kode) yang umum dimengerti Sukubangsa Dayak
- Mengirim tombak yang telah di ikat rotan merah (telah dijernang) berarti menyatakan perang, dalam bahasa Dayak Ngaju “Asang”.
- Mengirim sirih dan pinang berarti si pengirim hendak melamar salah seorang gadis yang ada dalam rumah yang dikirimi sirih dan pinang.
- Mengirim seligi (salugi) berarti mohon bantuan, kampung dalam bahaya.
- Mengirim tombak bunu (tombak yang mata tombaknya diberi kapur) berarti mohon bantuan sebesar mungkin karena bila tidak, seluruh suku akan mendapat bahaya.
- Mengirim Abu, berarti ada rumah terbakar.
- Mengirim air dalam seruas bambu berarti ada keluarga yang telah mati tenggelam, harap lekas datang. Bila ada sanak keluarga yang meninggal karena tenggelam, pada saat mengabarkan berita duka kepada sanak keluarga, nama korban tidak disebutkan.
- Mengirim cawat yang dibakar ujungnya berarti salah seorang anggota keluarga yang telah tua meninggal dunia.
- Mengirim telor ayam, artinya ada orang datang dari jauh untuk menjual belanga, tempayan tajau.
- Daun sawang/jenjuang yang digaris (Cacak Burung) dan digantung di depan rumah, hal ini menunjukan bahwa dilarang naik/memasuki rumah tersebut karena adanya pantangan adat.
- Bila ditemukan pohon buah-buahan seperti misalnya langsat, rambutan, dsb, didekat batangnya ditemukan seligi dan digaris dengan kapur, berarti dilarang mengambil atau memetik buah yang ada dipohon itu.
Tradisi Penguburan
Tradisi penguburan dan upacara adat kematian pada suku bangsa Dayak diatur tegas dalam hukum adat. Sistem penguburan beragam sejalan dengan sejarah panjang kedatangan manusia di Kalimantan. Dalam sejarahnya terdapat tiga budaya penguburan di Kalimantan :- penguburan tanpa wadah dan tanpa bekal, dengan posisi kerangka dilipat.
- penguburan di dalam peti batu (dolmen)
- penguburan dengan wadah kayu, anyaman bambu, atau anyaman tikar. Ini merupakan sistem penguburan yang terakhir berkembang.
- penguburan tahap pertama (primer)
- penguburan tahap kedua (sekunder).
Penguburan sekunder
Penguburan sekunder tidak lagi dilakukan di goa. Di hulu sungai Bahau dan cabang-cabangnya di Kecamatan Pujungan, Malinau, Kaltim, banyak dijumpai kuburan tempayan-dolmen yang merupakan peninggalan megalitik. Perkembangan terakhir, penguburan dengan menggunakan peti mati (lungun) yang ditempatkan di atas tiang atau dalam bangunan kecil dengan posisi ke arah matahari terbit.Masyarakat Dayak Ngaju mengenal tiga cara penguburan, yakni :
- dikubur dalam tanah
- diletakkan di pohon besar
- dikremasi dalam upacara tiwah.
Prosesi penguburan sekunder
Prosesi penguburan sekunder- Tiwah adalah prosesi penguburan sekunder pada penganut Kaharingan, sebagai simbol pelepasan arwah menuju lewu tatau (alam kelanggengan) yang dilaksanakan setahun atau beberapa tahun setelah penguburan pertama di dalam tanah.
- Ijambe adalah prosesi penguburan sekunder pada Dayak Maanyan. Belulang dibakar menjadi abu dan ditempatkan dalam satu wadah.
- wara
- marabia
- mambatur (Dayak Maanyan)
- kwangkai (Dayak Benuaq)
Referensi
- Cfr. Tom Harrisson, “The Prehistory of Borneo”, dalam Pieter van de Velde (ed.), Prehistoric Indonesia a Reader (Dordrecht-Holland: Foris Publications, 1984), hlm. 299-322
- Peter Bellwood, “The Prehistory of Borneo”, dalam Borneo Research Bulletin, 24/9 (1992), hlm. 7-13
- Kathy MacKinnon, The Ecology of Indonesian Series Volume III: The Ecology of Kalimantan, (Singapore: Periplus Editions Ltd., 1996), hlm. 255-363
- bdk. P.J. Veth, “The Origin of the Name Dayak”, dalam Borneo Research Bulletin, 15/2 (September 1983), hlm. 118-121
- Fridolin Ukur, “Kebudayaan Dayak”, dalam Kalimantan Review, 22/I (Juli-Desember 1992), hlm. 3-10
- Keragaman Suku Dayak di Kalimantan, Institut Dayakologi, Pontianak
- Edi Petebang, Dayak Sakti, Institut Dayakologi
- Edi Petebang, Eri Sutrisno, Konflik Etnis di Sambas, ISAI, Jakarta
Macam-macam suku Dayak
Dari sekian ratus sub suku dayak di antaranya adalah:Dayak Non-Muslim
- Suku Dayak Abal
- Suku Dayak Abai
- Suku Dayak Banyadu
- Suku Dayak Bakati
- Suku Dayak Bentian
- Suku Dayak Benuaq
- Suku Dayak Bidayuh
- Suku Dayak Darat:Dayak Mali
- Suku Dayak Dusun
- Suku Dayak Dusun Deyah
- Suku Dayak Dusun Malang
- Suku Dayak Dusun Witu
- Suku Dayak Kadazan
- Suku Dayak Kebahan
- Suku Dayak Kanayatn / Kendayan Kalimantan Barat
- Suku Dayak Keninjal
- Suku Dayak Kenyah
- Suku Dayak Lawangan
- Suku Dayak Maanyan
- Suku Dayak Mali
- Suku Dayak Mayau
- Suku Dayak Meratus
- Suku Dayak Mualang
- Suku Dayak Ngaju
- Suku Dayak Ot Danum
- Suku Dayak Samihim
- Suku Dayak Seberuang
- Suku Dayak Siang Murung
- Suku Dayak Tunjung
- Suku Dayak Wehea
- Suku Dayak Simpakng
- Suku Dayak Kualant
- Suku Dayak Ketungau
- Suku Dayak Sebaruk
- Suku Dayak Undau
- Suku Dayak Desa
- Suku Dayak Iban
- Suku Dayak Pesaguan
- Suku Dayak Lebang
- Suku Dayak Lundayeh
- Suku Dayak Kenyah
- Suku Dayak Berusu
- Suku Dayak Punan
- Suku Dayak Membulu
- Suku Dayak Kantuk
- Suku Dayak Orung Daan
- Suku Dayak Suhaid
- Suku Dayak Suruk
- Suku Dayak Taman
- Suku Dayak Tingalan
- Suku Dayak Samanakng
Dayak Muslim
- Suku Dayak Bakumpai
- Suku Dayak Bukit
- Suku Dayak Sampit
- Suku Dayak Paser
- Suku Dayak Tidung
- Suku Dayak Melanau
- Suku Dayak Kedayan / Orang Bukit/Kendayan Brunei
- Suku Dayak Embaloh / Melayu Kapuas hulu
- Suku Dayak Sintang / Melayu Sintang dan Melawi
- Suku Dayak Sango / Melayu Sanggau
- Suku Dayak Ngabang / Melayu Kabupaten Landak
Tokoh-tokoh Dayak
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar tokoh Dayak
- Panglima Burung (Burung Mansau)
- Tjilik Riwut, pahlawan nasional Indonesia dan Mantan Gubernur Kalimantan Tengah
- J.C. Oevaang Oeraay, Pahlawan Nasional dan Gubernur Kalimantan Barat Pertama
- Pang Suma, pejuang kemerdekaan Indonesia
- Pak Kasih, pejuang kemerdekaan Indonesia
- Muhammad Ali Anyang, pejuang kemerdekaan Indonesia
- Darlan Atjeh, pejuang kemerdekaan Indonesia
- Tun Jugah, pahlawan nasional Malaysia
- Dr. John Brian Anthony, Politis Malaysia
- Dr.Jeffrey Gapari Kitingan, Politisi Malaysia
- Agustin Teras Narang, politisi (Gubernur Kalimantan Tengah sekarang)
- Drs. Cornelis M.H., Politisi (Gubernur Kalimantan Barat sekarang)
- Stepanus Djuweng Aktivis LSM, Peneliti
- Drs Arnaold Ronald Mecer, pelopor Credit Union di Kalimantan Barat
- F.C Palaun Suka, politisi dan Tokoh Pendiri Harian kompas
- GP Djaoeng, Politisi
- Christian Mara, seniman/musisi
- Korrie Layun Rampan, Sastrawan
- R. Masri Sareb Putra, penulis
- Edi V Petebang], penulis
- Z.A Maulani, Mantan kepala BIN
- Piet Pagau, aktor senior Indonesiao
- Jeremias Nyangoen, Aktor
- Nistains Odop, Penulis
0 komentar:
Posting Komentar